Aplikasi Facebook oleh Kraft - Budi Wiyono Corner

Ads Right Header

Buy template blogger

Aplikasi Facebook oleh Kraft

Adapted from mediaweek.com.

Brand biasanya gagal dalam meng-insert pesannya melalui Social Media karena mengandalkan mitos viral distribution. Banyak brand yang rabun dalam mengambil approach untuk encourage orang agar mau menyebarkan pesan mereka. Sebenarnya cara yang paling sesuai untuk insert Brand yang melalui Social media adalah dengan juga memberikan manfaat kepada masyarakat. Marketer harus menyadari hal tsb dan sadar agar tidak melakukan trick curang demi agar supaya orang-orang mau menyebarkan brand-nya.

Belakangan, Raksasa Consumer Goods pun, Kraft, juga ikutan memanfaatkan Social Networking tools semacam Facebook untuk marketingnya. Kraft membuat aplikasi Facebook – Cause yang di-kastem sesuai dengan mau mereka. Aplikasi tsb dibuatkan oleh konsultannya dan dinamai “Kraft Support Feeding Amerika”.

1

Skenario programnya adalah facebooker yang bisa mengajak temannya untuk add Aplikasi tsb (misal: fulan), maka dia berhak untuk mendapatkan 6 buah meal (USD 0.4 per meal) untuk kemudian disumbangkan kepada keluarga kelaparan atas nama si fulan tsb.

Sebagai gambaran, jika facebookers yang add aplikasi (app) tsb sudah mencapai 25.000, sama artinya dengan sumbangan 1.4 juta meal (senilai $ 560.000), tidak sampai disitu, total target yang diincar adalah dua kalinya, 50.000 facebooker penginstall app “Kraft Support Feeding Amerika” (“add app”).

Berapa posisi yang sudah add app saat ini? Saat ini telah mencapai:1.7 juta meal (target nya 3.2 juta meal = $1.280.000).
3

Seperti bumi dan langit bila dibandingkan dengan program Kraft sejenis sebelumnya, yaitu ”Kraft Recipe Assistant” (FB app juga)..., yang hanya mempunyai 152 monthly active users. Bandingkan dengan app ”Kraft Support Feeding Amerika” yang mempunyai 36.123 monthly active users.

Nah, sekarang mari kita bahas, untuk apa sich Kraft melakukan program ”Kraft Support Feeding Amerika” tsb. Apakah movement tsb merupakan smart action atau sebaliknya merupakan program yang bodoh? Apa manfaat yang bisa diperoleh Kraft?

Silakan memberikan komentar…


Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Ads Post 4

KONTAK KERJASAMA