Tribes by Seth Godin

Tribe adalah sekelompok orang (crowd) yang terhubung satu sama lain, terhubung dengan pimpinan dan terhubung dengan ide. Sejak berjuta-juta tahun yang silam, manusia telah menjadi bagian dari Tribe.
Suatu kelompok hanya memerlukan dua hal untuk menjadi sebuah Tribe: minat yang sama dan sarana komunikasi.

Manusia tidak dapat mengelak bahwa menjadi bagian dari sesuatu adalah suatu kebutuhan. Salah satu mekanisme bertahan hidup yang paling efektif adalah menjadi bagian dari sebuah Tribe.
Melalui Tribe, kita menyumbangkan dan mendapatkan banyak hal dari orang-orang yang memiliki pemikiran sejalan.
Kita mengikuti seorang atau lebih pemimpin dan gagasannya.
Kita tidak dapat menolak dorongan untuk menjadi bagian dari sesuatu. Kita pun tidak mampu menolak kesenangan akan hal-hal baru.
Berada dalam Tribe tertentu menunjukkan bagaimana kita memandang diri kita sendiri. Manusia ingin menjadi bagian dari banyak Tribe, tidak hanya satu saja. Tribes membuat hidup kita menjadi lebih baik.
Dan memimping sebuah Tribe adalah cara hidup terbaik.

Tribe dulunya bersifat lokal. Semula faktor geografis adalah faktor yang sangat penting. Dulu, Tribe adalah merupakan crowd dari penduduk sebuah desa, kelompok para penggemar model mobil tertentu, kelompok para pendukung partai.
Namun kini, korporasi dan organisasi pun menciptakan tribe mereka masing-masing di tempat kerja atau pada pasar mereka, tribe terdiri dari para karyawan, pelanggan atau anggota.

Tidak semua Tribe berkembang, banyak yang sengaja menerapkan status quo dan menyingkirkan siapa saja yang berani mempertanyakan otoritas dan melawan perintah.
Tribe semacam itu tidak menarik, nilai yang mereka ciptakan terlalu kecil dan membosankan.
Meskipun begitu, mereka adalah sekelompok orang yang sebenarnya sedang menunggu disemangati dan ditransformasi.

Sebuah gerakan adalah sangat menyenangkan. Gerakan adalah merupakan upaya dari banyak orang yang saling berrelasi.
Semuanya mencari sesuatu yang lebih baik. Internet, sebagai perangkat mengalami perkembangan pesat, semakin memudahkan kita untuk menciptakan gerakan, mewujudkannya dan menyelesaikannya.
Lihat saja pada case gerakan Barack Obama, Tribe yang juga memanfaatkan internet tsb mampu mengumpulkan dana mulai dari donatur mikro, dana sebesar $50 juta terkumpul hanya dalam waktu 28 hari saja.

Tribe sejak ada internet menjadi serba mudah…
Satu-satunya yang kurang adalah…. KEPEMIMPINAN.

Demikian Seth Godin mengajak membedah topik ‘Tribe’ (=crowd) dari sudut pandang kepemimpinan thd gerakan. Dengan memberikan banyak contoh kasus Tribes berkelas dunia beserta ilustrasi cara2nya, bagaimana bisa sukses sehingga menghasilkan perubahan-perubahan yang fenomental.

Buku tsb ditulis untuk setiap orang yang memilih untuk memimpin sebuah Tribe…
LihatTutupKomentar