Word Of Mouth Marketing (WoM) - Budi Wiyono Corner

Ads Right Header

Buy template blogger

Word Of Mouth Marketing (WoM)

Word of Mouth Marketing (WoM) sangat menarik untuk dipelajari, dicermati dan di adopt dalam bisnis sehari-hari.

Dalam Buku Word of Mouth Marketing (WoM):

How Smart Companies Get People Talking
Pertama diterbitkan: November, 2006
Penulis: Andy Sernovitz
Penerbit: Kaplan
Halaman: 184


Seperti yang di review oleh Tanadi Santoso, dapat disarikan sbb:
Ada 5 elemen penting dalam Word of Mouth Marketing (WoM). 5T. Yang pertama kita harus tahu siapa „Talkers“ atau pembicara yang dapat menjadi teman atau duta dari produk kita. Siapa mereka, apa kebiasaan mereka, dan apa yang menarik dari kacamatanya. Kedua, „Topics“, atau perihal apa yang dapat mereka bicarakan tentang anda? Harga murah, service bagus, TV ditaxi anda, kemudahan Valet parking gratis? Apa yang mudah dibicarakan oleh orang lain tentang perusahaan anda. Ketiga „Tools“ atau alat apa yang dapat kita berikan. Website game yang diciptakan untuk orang2 bermain, contoh produk gratis, postcards, emails lucu, apa saja alat yang bisa membuat orang mudah membicarakan atau menularkan produk anda kepada temannya. Elemen keempat adalah „Taking Part“ atau partisipasi perusahaan. Misalkan kita memberi hadiah dalam lomba foto dengan memakai handphone merek tertentu dalam lomba foto keindahan alam. Ataupun kemauan perusahaan untuk menjawab pertanyaan di websitenya. Kita harus turut berpartisipasi dalam pembicaraan ini, karena kita bisa mengarahkannya pada hal yang lebih positip. Kelima adalah „Tracking“, atau pengawasan akan hasil Word of Mouth Marketing (WoM) kita, dan dengan melihat hasil dan penyesuaian, kita dapat membuat kegiatan ini lebih sukses lagi dimasa mendatang.

Trus untuk apa sih orang mau repot menceritakan Word of Mouth (WoM) kepada teman-temannya, menurut buku tsb alasannya adalah sbb:
Ada tiga alasan orang mau membicarakan produk atau perusahaan anda. Mereka menyukai anda atau produk anda, mereka merasa senang dan bangga dapat merekomendasikan anda, dan setelah merekomendasikannya mereka merasa menjadi satu bagian dari sebuah keluarga besar pemakai produk yang sama. Word of Mouth yang sukses harus memenuhi ketiga hal ini.

Bagaimana pendapat anda ? Monggo silakan dikomentari...
Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Ads Post 4

KONTAK KERJASAMA