Peran & tugas utama seorang CEO - Budi Wiyono Corner

Ads Right Header

Buy template blogger

Peran & tugas utama seorang CEO

Adapted from Kontan.

Apa peran & tugas utama seorang CEO?

Peter Drucker, seorang mahaguru ilmu manajemen, awalnya juga gamang, sebenarnya tugas utama CEO itu apa sich? Akhirnya berikut adalah gagasan Peter Drucker atas peran dan pekerjaan CEO:
Wall Street Journal, Jan 2005.
The CEO is the link between the 'inside' that is organization, and the 'outside' of society, economy, technology, markets, and customers. Results are only on the outside.

Demikian gagasan utama Drucker tentang peran seorang CEO.

Pada perkembangan selanjutnya, A.G Lafley, CEO P&G, Mei 2002, mengamini gagasan Drucker tsb. Lafley bahkan kemudian merinci peran CEO itu ke dalam satuan pekerjaan yang kongkret.

Ada 4 pekerjaan CEO yang membedakannya dengan posisi lain di organisasi.

SPONSORED:
Kremes - Buy 10 get 1 Free
Pertama, merumuskan pihak pihak luar yang benar benar berarti bagi organisasi alias 'the meaningful outside'. Harus ditetapkan mana yang betul-betul berarti, meskipun ada beberapa stakeholder, yang paling dianggap penting adalah konsumen. Jadi kalo ada konflik satu sama lain, penyelesaiannya dengan mengutamakan pihak yang paling penting, yaitu konsumen.
Kedua, memutuskan mana bidang yang akan digeluti dan mana yang tidak. Tidak semudah yang dibayangkan, banyak CEO yang tidak mampu fokus dan serakah menginginkan terlalu banyak bidang. Contoh: P&G rela melepaskan produk selai kacang 'Jiff', karena dianggap tidak sanggup mendongkrak citra P&G sebagai pemain global, karena hanya orang US yang suka selai kacang. P&G juga secara tegas memutuskan untuk fokus pada produk produk laundry, pembalut bayi, perawatan rambut dan wanita saja. Karena secara strategic cocok dengan sasaran dan kompetensi mereka.
Ketiga, kemampuan menyeimbangkan kepentingan saat ini dan masa depan. Dengan cara menetapkan target pertumbuhan yang realistis namun mantab. Contoh: Lafley, CEO P&G mengkoreksi target pertumbuhan financial ke angka angka yang lebih realistis. Langkah tsb awalnya tidak populer dimata Wall Street, namun Lafley yakin nantinya akan menjadi lebih sehat secara jangka panjang. Di bidang pengembangan organisasi Lafley bahkan terlibat secara langsung thd rencana karier dari 150 calon pemimpin potensialnya, karena dia percaya bahwa merekalah masa depan dari kelangsungan bisnis P&G.
Dan Keempat, mempertajam nilai nilai dan standar standar perusahaan. Nilai nilai perusahaan merupakan cerminan identitas kolektif perusahaan. Jika ingin sukses, maka nilai nilai perusahaannya haruslah terhubungkan dengan 'meaningful outside' serta relevan untuk saat ini dan masa mendatang. Sementara standar perusahaan merupakan harapan yang ditetapkan organisasi. Dalam sejarahnya, P&G merumuskan 'trust' (kepercayaan) sebagai nilai perusahaan.

Peran CEO adalah unik, CEO adalah pimpinan bisnis yang harus mampu menjadi 'jembatan' antara dunia luar dan dunia dalam organisasi.
Kata A.G Lafley, P&G CEO, tugas CEO adalah:
Its a job that the CEO must do, because without the outside, there is no inside.
Previous article
Next article

14 Komentar

Emanuel Setio Dewo mengatakan...

Pak Budi kayaknya sudah layak jadi CEO nih.
Ditunggu sukurannya...

budiwiyono mengatakan...

Amieennnn :P

sandi nafian mengatakan...

Saya juga diberi pendidikan mengenai posisi ini, yaitu C.E.O. juga berperan sebagai economic practitioners dalam perusahaan, selain itu juga bertanggung jawab atas kelangsungan sebuah perusahaan itu sendiri & sebagai pemain saham di busa efek untuk pengendali saham2 yg dimiliki perusahaan itu sendiri...
Apa benar demikian? Terima kasih...

heri mengatakan...

bedanya CEO dengan direktur apa ?

budiwiyono mengatakan...

@Heri Kiurang lebihnya sama :)

Sir E Majid Ghoniyu S, ST mengatakan...

Jadi terNyata sewaktu saya dulu pernah menjadi ketua UKM/BEM [Unit Kegiatan Mahasiswa/Badan Eksekutif Mahasiswa] dibidang Sepakbola ituu sama sperti Seorang "Peter keNyon" CEO kLub Sepakbola sukses yang hijrah dari Manchester United ke cLub cHeLsea begitu Milliuner asal Russia "Roman Abramovic" itu membeli dominasi saham kepemilikan FC CheLsea ya.. wah bangga sekaLi saya.

rajasimarmata mengatakan...

Artikel menarik, semoga menididk dan semakin banyak jadi CEO

budiwiyono mengatakan...

Amien :)

Saikum Siregar mengatakan...

Begitu pentingnya CEO membawa kelangsungan usaha....

tian mengatakan...

Yang bisa bekerja sebagai CEO itu jurusan apa??

Hadfin mengatakan...

bagaimana cara untuk menjadi CEO?Jurusan apa yang hars diambil?
tanda-tanda kalau kita cocok di bidang tersebut?
apakah pekerjaan tersebut cocok untuk seorang wanita?

Peran dan Tugas Utama Seorang CEO | dunia kontraktor mengatakan...

[...] Sumber: budiwiyono.com Berita Terkait :Divestasi Siapa Bilang Tak Bisa Bisnis dengan Modal Nol... Belajar Dari Manajemen Perekonomian China [...]

zonaoutbound mengatakan...

Sebenarnya apa sih perbedaan Owner dengan Chief Executive Officer (CEO)?
Apakah CEO bisa juga dibilang Owner dan apakah Owner juga bisa dibilang sebagai CEO?

budiwiyono mengatakan...

CEO = Direktur Utama (Dirut) :) Tidak semua Owner sekaligus Dirut. Owner bisa menununjuk orang lain (profesional) sebagai Dirut.

Ads Post 4

KONTAK KERJASAMA