Tips Selamat dari Gempa dengan metode Segitiga Kehidupan

Segitiga  Kehidupan

Saat terjadi gempa
by
Doug  Copp, Kepala Penyelamat dan Manajer Bencana  dari American Rescue Team International (ARTI),

Penterjemah: Anonim


Pengalaman


  • Saya  telah merangkak di bawah 875 reruntuhan  bangunan, bekerja sama dengan tim penyelamat  dari 60 negara, dan mendirikan tim penyelamat  di beberapa negara serta salah satu dari  ahli PBB untuk Mitigasi Bencana selama  2 tahun.

  • Saya telah bekerja di seluruh bencana besar di dunia sejak tahun 1985.

  • Pada tahun 1996 kami membuat film yang membuktikan keakuratan metode bertahan hidup yang saya buat.


Percobaan


  • Kami  meruntuhkan sebuah sekolah dan rumah dengan  20 boneka di dalamnya. 10 boneka "menunduk  dan berlindung" dan 10 lainnya menggunakan  metode bertahan hidup "segitiga kehidupan".

  • Setelah simulasi gempa, kami merangkak ke dalam puing-puing dan masuk ke dalam bangunan untuk membuat dukumentasi film mengenai hasilnya. Film itu menunjukkan bahwa mereka yang  menunduk dan berlindung tidak dapat bertahan hidup dan mereka yang menggunakan metode saya "segitiga kehidupan" bertahan hidup 100%.

  • Film ini telah dilihat oleh jutaan orang melalui televisi di Turki dan sebagian Eropa, dan disaksikan pada program televisi di USA, Canada dan Amerika Latin.


Fakta


  • Bangunan  pertama yang saya masuki adalah sebuah  sekolah di Mexico City pada gempa bumi  tahun 1985.

  • Semua anak berlindung di bawah meja masing-masing.

  • Semua anak remuk sampai ke tulang mereka. Mereka mungkin dapat selamat jika berbaring di samping meja masing-masing di lorong.

  • Pada saat itu, murid-murid diajarkan untuk berlindung di bawah sesuatu.


Teori segitiga kehidupan

  • Secara  sederhana, saat bangunan runtuh,  langit-langit  akan runtuh menimpa benda atau furniture  sehingga menghancurkan benda-benda ini, menyisakan  ruangan kosong di sebelahnya.

  • Ruangan kosong ini lah yang saya sebut "segitiga kehidupan".

  • Semakin besar bendanya, maka semakin kuat benda tersebut dan semakin kecil kemungkinannya untuk remuk.

  • Semakin sedikit remuk, semakin besar ruang kosongnya, semakin besar kemungkinan untuk orang yang menggunakannya untuk selamat dari luka-luka.


Amati


Suatu  saat anda melihat bangunan runtuh di televisi,  hitunglah "segitiga  kehidupan" yang  anda temui.
Segitiga  ini ada di mana-mana dan merupakan bentuk  yang umum.

Sepuluh  Tip dalam Keselamatan Gempa Bumi

1. Hampir semua  orang yang hanya "menunduk dan berlindung"  pada saat bangunan runtuh meninggal karena  tertimpa runtuhan. Orang-orang yang berlindung  di bawah suatu benda  akan remuk  badannya.
2. Kucing,  anjing dan bayi biasanya mengambil posisi  meringkuk secara alami. Itu juga yang  harus anda lakukan pada saat gempa.
Ini  adalah insting alami untuk menyelamatkan diri.  Anda dapat bertahan hidup dalam ruangan  yang sempit.
Ambil  posisi di samping suatu benda, di samping  sofa, di samping benda besar yang akan  remuk sedikit tapi menyisakan ruangan kosong  di sebelahnya
3. Bangunan  dari kayu adalah tipe konstruksi yang  paling aman selama gempa bumi. Kayu bersifat  lentur dan bergerak seiring ayunan gempa.  Jika bangunan kayu ternyata tetap runtuh,  banyak ruangan kosong yang aman akan terbentuk.
Disamping  itu, bangunan kayu memiliki sedikit konsentrasi  dari bagian yang berat. Bangunan  dari  batu bata akan hancur berkeping-keping.
Kepingan  batu bata akan mengakibatkan luka badan  tapi hanya sedikit yang meremukkan badan  dibandingkan beton bertulang.
4. Jika anda  berada di tempat tidur pada saat gempa  terjadi, bergulinglah ke samping tempat tidur.
Ruangan  kosong yang aman akan berada di samping  tempat tidur.
Hotel  akan memiliki tingkat keselamatan yang tinggi  dengan hanya menempelkan peringatan di belakang  pintu agar tamu-tamu berbaring di lantai  di sebelah tempat tidur jika terjadi gempa.
5. Jika terjadi  gempa dan anda tidak dapat keluar melalui  jendela atau pintu, maka berbaring lah  meringkuk di sebelah sofa atau kursi besar.
6. Hampir semua  orang yang berada di belakang pintu pada  saat bangunan runtuh akan meninggal.
Mengapa?
Jika  anda berdiri di belakang pintu dan pintu  tersebut rubuh ke depan atau ke belakang  anda akan tertimpa langit-langit di atasnya.
Jika  pintu tersebut rubuh ke samping, anda  akan tertimpa dan terbelah dua olehnya.
Dalam  kedua kasus tersebut, anda tidak akan selamat!
7. Jangan pernah  lari melalui tangga.
Tangga  memiliki "momen frekuensi" yang berbeda  (tangga akan berayun terpisah dari bangunan  utama).
Tangga  dan bagian lain dari bangunan akan terus-menerus  berbenturan satu sama lain sampai terjadi  kerusakan struktur dari tangga tersebut.
Orang-orang  yang lari ke tangga sebelum tangga itu   rubuh akan terpotong-potong olehnya.
Bahkan  jika bangunan tidak runtuh, jauhilah tangga.  Tangga akan menjadi bagian bangunan yang  paling mungkin untuk rusak. Bahkan jika  gempa tidak meruntuhkan tangga, tangga tersebut  akan runtuh juga pada saat orang-orang  berlarian menyelamatkan diri.Tangga tetap harus  diperiksa walaupun bagian lain dari bangunan  tidak rusak.
8. Berdirilah  di dekat dinding paling luar dari bangunan  atau di sebelah luarnya jika memungkinkan.
Akan  lebih aman untuk berada di sebelah luar  bangunan daripada di dalamnya.
Semakin  jauh anda dari bagian luar bangunan akan  semakin besar kemungkinan jalur menyelamatkan  diri anda tertutup.
9. Orang-orang  yang berada di dalam kendaraan akan tertimpa  jika jalanan di atasnya runtuh dan meremukkan  kendaraan; ini yang ternyata terjadi pada  lantai-lantai jalan tol Nimitz.
Korban  dari gempa bumi San Fransisco semuanya  bertahan di dalam kendaraan mereka &  meninggal. Mereka mungkin dapat selamat dengan  keluar dari kendaraan dan berbaring di  sebelah kendaraan mereka.
Semua  kendaraan yang hancur memiliki ruangan kosong  yang aman setinggi 1 meter di sampingnya,  kecuali kendaraan yang tertimpa langsung oleh  kolom jalan tol.
10. Saya menemukan,  pada saat saya merangkak di bawah kantor  perusahaan koran dan kantor lain yang  menyimpan banyak kertas bahwa kertas tidak  memadat.
Ruangan   kosong yang besar ditemukan di sekitar  tumpukan kertas-kertas.

Sebarkan  informasi ini dan selamatkan nyawa orang
yang anda cintai.

Terima  kasih
Semoga bermanfaat
LihatTutupKomentar