Rating Performansi Kemudahan Investasi Indonesia - Budi Wiyono Corner

Ads Right Header

Buy template blogger

Rating Performansi Kemudahan Investasi Indonesia

Sedih sekali rasanya Indonesia di urutan 122 yang cukup memalukan, dibanding negara tetangga Malaysia yang berada di urutan 23.

Singapura mempertahankan citranya yang hebat, bertengger di peringkat pertama, Thailand di posisi 12, Malaysia di posisi 23, Vietnam di peringkat 93, dan Brunei Darussalam di urutan 96. Kita hanya unggul atas Filipina yang berada di urutan 144 dan Laos yang di posisi 167.

Watch... Bisakah posisi melompat pada masa mendatang?

====


Indonesia cuma di peringkat 122 untuk kemudahan investasi ?



Source: Gabriel Wu

ADALAH fakta banyak investor asing yang secara lisan menyatakan tertarik untuk berinvestasi di negeri ini. Namun, ketertarikan itu banyak yang tidak direalisasikan karena hambatan investasi masih saja tinggi.

Penilaian dunia terhadap kemudahan berinvestasi di negeri ini memang masih sangat buruk. Survei yang dilakukan Bank Dunia dan International Financial Corporation menunjukkan posisi Indonesia dalam hal kemudahan berinvestasi tergolong paling rendah jika dibandingkan dengan negara lain di Asia Tenggara.

Berdasarkan survei Doing Business 2010 posisi Indonesia memang naik dari urutan 129 menjadi 122. masih jauh di bandingkan negara2 tetangga: Singapura mempertahankan citranya yang hebat, bertengger di peringkat pertama. Thailand di posisi 12, Malaysia di posisi 23, Vietnam di peringkat 93, dan Brunei Darussalam di urutan 96.

Kita hanya unggul atas Filipina yang berada di urutan 144 dan Laos yang di posisi 167.

Karena itu, tidak mengherankan jika rendahnya peringkat Indonesia dalam kemudahan berinvestasi itu berbanding lurus dengan rendahnya realisasi investasi.

Buruknya investasi asing itu menunjukkan tidak signifikannya upaya memperbaiki kemudahan berinvestasi di negeri ini. So , tugas kabinet baru menaikkan rating Indonesia, minimal ke score 50 dulu deh..
Previous article
Next article

Belum ada Komentar

Ads Post 4

KONTAK KERJASAMA