Pengentasan Kemiskinan melalui Lowongan Kerja Magang di Jepang

Apabila kita mencermati struktur piramida penduduk di Indonesia, maka kita wajib bersyukur, bahwa Indonesia sedang menyongsong sebagai negara yang produktif yang ditandai dengan jumlah usia muda yang sangat mendominasi, seperti yang dibahas pada artikel: http://budiwiyono.com/2011/12/01/indonesia-as-top-10-world-largest-economies-at-2020/

Sayangnya Indonesia sebagai negara terbesar urutan #4 di dunia (stl China, India, USA) dalam hal jumlah penduduknya, belum terlalu banyak program pengentasan kemiskinannya. Program pengentasan kemiskinan malah cenderung menjadi sarana pencitraan jangka pendek dengan model model "Bantuan Langsung Tunai". Walaupun begitu silakan pelajari pencapaian Indonesia dalam bidang Manpower supply.

Bahkan Sumber Daya Manusia asal Indonesia dinilai tertinggal jauh dibandingkan negara-negara tetangga. Menurut Asian Productivity Organization (APO) pada tahun 2013, dari 1.000 tenaga kerja Indonesia hanya  sekitar 4,3% pekerja yang dinilai terampil. Ironis jika dibandingkan dengan Filipina yang mencapai 8,3%, Malaysia 32,6%, dan Singapura yang tertinggi mencapai 34,7%.

Tidak sadar, dengan potensi penduduk muda sebesar Indonesia, jika dimobilisasi akan menjadi negara makmur.



Padahal fakta membuktikan bahwa sarana pengentasan kemiskinan ada 2 cara (kasih komentar jika ada cara lain, yach.. :) )

  1. Dengan sarana kewirausahaan/entrepreneurship, berapa jumlah orang kaya baru yang mentas melalui wirausaha dan asalnya adalah anak orang miskin? Banyak khan?

  2. Dengan sarana PENDIDIKAN yang berkualitas, silakan disebutkan siapa saja orang kaya yang asalnya anak orang miskin dan berhasil mentas dengan sarana Pendidikan? Yang kemudian menjadi Pejabat, Direktur, Executive, Dosen, bahkan Pengusaha sukses. Buanyak! Umumnya menempuh pendidikan dengan support biaya pendidikan dari ortu angkat, beasiswa, lembaga zakat, etc.


Updated: Point #2 di atas jumlahnya sangat banyak, salah satu contoh nya adalah public figure berikut ini, kebetulan ada tweet beliau yang di posting setelah artikel ini saya terbitkan (17 Mei 12), tweet bliau di bawah kebetulan muncul pada keesokan harinya (18 Mei 12):
http://twitter.com/#!/JamilAzzaini/status/203502426584649728

Apa langkah selanjutnya setelah anak anak SMK, lulusan Akademi, lulusan S1 lulus? Mereka harus menjadi tenaga kerja produktif!

Apakah lowongan pekerjaan di Indonesia tersedia? Tunggu tunggu, siapa bilang mereka harus kerja di Indonesia? Mereka bebas memilih mau kerja di mana saja bisa.

Mereka bisa bekerja ke negara makmur yang usia muda nya sudah langka. Negara-negara semacam itu sangat membutuhkan tenaga kerja produktif. Lowongan Kerja selalu terbuka untuk pelamar lowongan kerja dari negara manapun. Kenapa kita kalah dengan Philipina? Sumbangan GDP terbesar Philipina asalnya adalah dari Tenaga Kerja yang bekerja di luar negeri.

Oke, tapi bagaimana mempersiapkan anak anak lulusan SMK/Akademi/S1? Menurut pengalaman saya, cara paling efektif adalah dengan magang pada industri-industri sesuai bidang pecari lowongan kerja. Agar lulusan magang berstandar Internasional, maka magang nya bisa dengan memanfaatkan Lowongan Kerja Magang di luar negeri.

Mari kita bahas pilihan pilihannya yah...

Artikel ini akan membahas peluang Lowongan Kerja Magang di Jepang.

Program pengiriman pekerja magang dari Indonesia ke Jepang difasilitasi IMM, sudah dimulai sejak tahun 1993. Sejak 1993 sampai akhir tahun 2009 telah mengirim 29,587 orang, sebagian besar ditempatkan di perusahaan manufaktur.

Manfaat Magang Kerja di Jepang adalah sbb:

  1. GAJI - Gaji peserta magang minimal berkisar di 90 ribu yen atau sekitar 10 juta dengan kurs mata uang Yen saat ini. Ini merupakan gaji pokok peserta magang belum ditambah gaji lemburnya. Pengalaman dari peserta magang di Jepang, setiap bulan rata-rata mereka menerima gaji sebesar 150 ribu yen atau sekitar rp. 15 juta rupiah. Selama 3 tahun dengan gaya hidup normal bisa menabung sebesar rp. 500 juta. Angka ini bisa berkali lipat ganda 2 sampai 3 kali jika selama pemagangan mereka banyak kerja lembur dan hemat selama di Jepang. Angka yang fantastis untuk seorang anak muda yang tadinya tidak punya uang sama sekali :)

  2. PENGALAMAN KERJA STANDAR INTERNASIONAL - Banyak sekali yang bisa didapatkan dari gaya hidup selama di Jepang. Kedisiplinan, habit  tepat waktu, etos kerja keras, pola pikir problem solver, inovasi dan kreatifitas terhadap ide-ide baru yang cemerlang, kebiasaan dan budaya Jepang yang tentunya merupakan ilmu dan pengalaman yang sangat berharga untuk menjadikan peserta magang yang berkualitas internasional. Menikmati salju dikala musim dingin, menikmati onogiri dibawah guguran bunga sakura dikala hanami, naik kereta supercepat shinkansen, naik gunung Fuji dan lain-lain merupakan pengalaman yang begitu indah untuk dibagi dengan para sahabat dan keluarga.

  3. TUNJANGAN MODAL USAHA - Setelah selesai program magang kerja di Jepang selama 3 tahun dengan baik, peserta akan mendapatkan "pesangon". Sehingga peserta yang hemat akan mendapatkan tabungan + pesangon. Jumlahnya 600.000 Yen.

  4. NEXT LEVEL OPPORTUNITY - Umumnya saat keberangkatan, peserta magang kerja di Jepang berusia pada kisaran umur 20-26 tahun. Dengan menjalani program magang kerja selama 3 tahun maka saat mereka selesai program dan pulang pada usia 23-29 tahun. Usia yang masih sangat muda untuk mewujudkan impian-impian yang besar. Mereka bisa mendirikan usaha di Indonesia dengan modal uang dan modal keahlian yang dimiliki dari magang kerja di Jepang. Mereka juga bisa meneruskan kuliahnya, terserah mau kuliah dimana? Bisa di Indonesia, bisa di Jepang, atau di China. Bisa apa lagi? Bagi yang mau bekerja, mereka bisa menanamkan modalnya menjadi properti yang produktif, kemudian mereka bekerja di pasar lowongan kerja internasional :)


Fasilitas Peserta yang lolos seleksi:

  1. Mendapatkan fasilitas akomodasi dan transport

  2. Mendapat tunjangan uang saku/gaji (telah di singgung di atas)

  3. Mendapat perlindungan asuransi kecuali sakit gigi, sakit bawaan yang diderita sebelum tiba di Jepang


Dengan adanya UU Tenaga Kerja yang baru, peserta magang dari Indonesia mendapatkan hak yang sama dengan pekerja asli Jepang. Kesamaan hak itu mencakup gaji, jaminan perlindungan dan status sebagai tenaga kerja. Sehingga dengan UU Tenaga Kerja yang baru tsb, maka peserta Magang ke Jepang asal Indonesia mendapatkan jaminan perlindungan sejak tahun pertama sampai tahun ketiga yang SETARA dengan hak tenaga kerja warga Jepang.

Persyaratan Administrasi Peserta adalah sbb:

  1. Surat Lamaran

  2. KTP berdomisili minimal 2 tahun di tempat seleksi diadakan

  3. KK minimal 2 tahun di tempat seleksi diadakan

  4. SKKB

  5. Bagi yang berijazah SMU, Diploma (D1, D2, D3) dan S1 yang berjurusan Non Teknik (contoh: Fisika, Biologi dan Sosial) maka harus mengikuti Pelatihan di bidang teknik 480 jam pelatihan/memiliki ketrampilan setara, misalnya: Bangunan, Elektronika, Teknologi Mekanik dan Otomotif

  6. Surat pengalaman kerja tidak dipersyaratkan

  7. Tidak terikat kontrak yang berakibat hukum dengan pihak lain dan persyaratan pihak lain dan persyaratan lainnya.


Magang ke Jepang sebagai trainee pemagangan selama 3 tahun bekerja di industri manufacturing, sebagian besar manufaktur mobil, elektronics, etc. Peserta yang mengikuti program pemagngan ini bisa medapatkan uang saku / gaji s.d 250 ribu yen (Rp 25 jutaan). Coba bandingkan dengan gaji bekerja di Malaysia / Taiwan/ Hongkong, mungkin setara dengan 3 kali lipatnya lebih besar jika dibandingkan dengan mengikuti program magang jepang ini khan? :)

Bila peserta telah menyelesaikan magang selama 3 tahun, mereka rata rata membawa pulang Rp 250 juta s.d 400 jutaan, bahkan ada yang lebih dari itu. Coba Anda bekerja di Indonesia, misalnya gaji Anda 1,5 juta / bulan, butuh berapa tahun Anda bisa mendapatkan uang sebanyak itu ?

Berikut ini adalah pusat pendaftaran Lowongan Kerja Magang di Jepang:

















































































NOPROPINSIJADWAL PENDAFTARAN
TEMPAT PENDAFTARAN
1D.I. YOGYAKARTA05/03/2012 s/d09/03/2012DISNAKERTRANS PROV DI YOGYAKARTA
2KALIMANTAN TIMUR12/03/2012 s/d16/03/2012DISNAKERTRANS PROV KALTIM, SAMARINDA
3SUMATERA BARAT02/04/2012 s/d06/04/2012DISNAKERTRANS PROV SUMBAR, PADANG
4DKI JAKARTA23/04/2012 s/d27/04/2012DISNAKERTRANS PROV DKI JAKARTA
5JAWA TIMUR07/05/2012 s/d11/05/2012DISNAKERTRANSDUK PROV JATIM, SURABAYA
6BENGKULU14/05/2012 s/d18/05/2012DISNAKERTRANS PROV BENGKULU
7JAWA BARAT28/05/2012 s/d01/06/2012DISNAKERTRANS PROV JABAR BANDUNG
8ACEH11/06/2012 s/d15/06/2012DISNAKERMOBDUK PROV ACEH
9JAWA TENGAH18/06/2012 s/d22/06/2012DISNAKERTRANS PROV JATENG, SEMARANG
10KABUPATEN BOYOLALI02/07/2012 s/d06/07/2012DISNAKERTRANSOS KAB BOYOLALI
11SUMATERA SELATAN09/07/2012 s/d13/07/2012DISNAKERTRANS PROV SUMSEL, PALEMBANG
12LAMPUNG24/09/2012 s/d28/09/2012DISNAKERTRANS PROV LAMPUNG, BANDAR LAMPUNG

Rekan rekan, silakan inspirasikan ide ini kepada saudara2, tetangga2, teman2 anda yang membutuhkan informasi Lowongan Kerja Magang di Jepang ini. Sarana pendidikan plus magang adalah sarana pengentasan kemiskinan.

Syukur2 anda bersedia membiayai sekolah SMK anak orang miskin dan mengarahkan ikut program magang agar setelah lulus bisa menjadi tenaga kerja produktif berstandar internasional yang mapan.

Informasi lebih lanjut: http://pemagangan.com/

[caption id="attachment_1738" align="alignnone" width="640"] Pemberangkatan Peserta Magang Kerja ke Jepang, program kerjasama Kemenakertrans RI dengan IM Japan angkatan ke-226 sebanyak 77 orang[/caption]

Photo Credit: pemagangan.com

Selanjutnya setelah "lulus" pemagangan, anda memilih jalur: wirausaha atau lanjut jadi profesional berkelas internasional. Jika ingin jadi Expat, silakan berkomunitas di http://www.kerjaluarnegeri.org/.

Apakah ada bimbingan belajar untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi magang kerja ke Jepang? Jawabannya: Ada. Bentuknya adalah LPK LPK Swasta.

Selamat mencoba, semoga sukses.
LihatTutupKomentar