Sejarah Kerajaan terbesar di Dunia, Mongol, Majapahit dan Film-film nya

Belakangan ini saya gemar menonton film sejarah atau semi sejarah tentang kerajaan-kerajaan terbesar di Dunia.

Jaman Ancient Empire sebelum Masehi

Mulai jaman kerajaan-kerajaan kuno, ribuan s/d ratusan tahun sebelum Masehi, masa sebelum kejayaan Romawi seperti,

Kerajaan Mesir Kuno, jaman Firaun adalah 3000 SM,  ditaklukkan Romawi Kuno pada abad 31 SM

Kerajaan Persia tahun 3200 SM

Kerajaan Yunani Kuno:

  • Kerajaan Sparta dan Athena (abad 9-6 SM)

  • Kerajaan Macedonia /Alexander Agung (356 -323 SM)

Kerajaan Romawi Kuno berdiri, 753 SM

Bayangkan pada Jaman Ancient Empire ini bangsa Barat selain Romawi seperti  Inggris, Perancis dan Jerman masih tidur di atas pohon, masih barbar, bro... hehe.



Film-Film Jaman Ancient Empire

Mulai Era jaman Mesir Kuno s/d Jaman Kejayaan Romawi, film film yang diproduksi adalah film film tentang Kerajaan Yunani dan Romawi. Film Kerajaan besar yang lebih duluan "modern", seperti Mesir dan Persia jarang dimunculkan sebagai peran utama. Film yang ada adalah penaklukannya saja (baik oleh Romawi maupun Macedonia/Alexander Agung).

Era setelah Masehi

Mulai muncul Jaman Kejayaan Kerajaan Islam mulai 600 M pada jaman Nabi Muhammad, kemudian paska Nabi Muhammad, KeKhalifahan Umayyah, KeKhalifahan Rashidun, Abbasid dst. Pada jamannya, secara wilayah, Kerajaan Islam hanya kalah dengan wilayah Mongol Empire.

Mulai muncul Kerajaan seperti Inggris dan Perancis dari daerah bekas pendudukan Romawi, Kerajaan Spanyol, Kerajaan Rusia, dll.

Mongol Empire mulai muncul tahun 1280-an M. Nah, Mongol adalah bangsa barbar yang menyapu bersih banyak kerajaan, termasuk membantai Kerajaan Islam yang sedang maju majunya secara ekonomi, keilmuan dan kebudayaan.

Mongol saat itu sudah memasuki Eropa dan baru memulai ekspedisi penaklukan, ternyata kemudian dihentikan karena adanya pergantian Khan. Jika tidak, seluruh Eropa sudah bisa dipastikan disapu bersih oleh Mongol.

Seperti ini Mongol dalam berperang, pada jamannya secara manajemen, teknik dan skill memang lebih canggih, sehingga bisa menaklukkan hampir semua musuhnya. Seperti video ini gambarannya:

http://www.youtube.com/watch?v=FEIC0IYZSng

Jaman kegelapan Bangsa Barat

Sebagai gambaran, pada Kerajaan di Inggris, baik jamannya Anglo Saxon (bangsa jerman yang menduduki Inggris) dan jamannya Vikings yang menduduki Inggris (raja raja Inggris sekarang adalah keturunan Vikings), masa itu adalah masa kemunduran peradaban Barat. Bayangkan mereka sebagai bekas pendudukan Penjajahan Kerajaan Romawi, ilmu nya malah mundur, kalah di bandingkan jaman Romawi Kuno sebelumnya (Romawi Kuno sudah ada sejak ratusan tahun sebelum masehi lho). Bangsa Barat baru bangkit kembali setelah paska Perang Salib, maju pesat sampai Era sekarang ini. Masa kemajuan Islam lah yang mencerahkan jaman kegelapan Bangsa Barat.

Era setelah Mongol

Setelah Mongol terpecah dan melebur menjadi bangsa setempat dan agama setempat, muncul Kerajaan Kecil dan Besar seperti Dinasti-Dinasti besar di China, seperti Yuan 1300an M.

Muncul Negara Islam Besar seperti Ottoman Empire, Rusia, Spanyol, sampai Jerman, Perancis dan Inggris (Ingat, pada Jaman Romawi Kuno Bangsa Barat selain Romawi seperti Inggris, Jerman, Perancis masih barbar dan tidur di pohon, hehe).

Ref: http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_largest_empires

Film Film nya

Film-film yang mendominasi adalah banyak film film tentang Empire dari Barat, sedikit Film Mongol Empire dan sangat sedikit Film Islam Empire.

Bagaimana Dengan Indonesia?

Bagaimana dengan Indonesia? Jarang yang tahu bahwa, walaupun Kerajaan Majapahit ukurannya 40% Kerajaan Romawi, tapi punya sejarah yang fenomenal.


Apakah itu? Pendiri Majapahit, Raden Wijaya berhasil mengagalkan Ekspedisi Mongol ke Nusantara!! Ya!, Mongol kalah perang di Nusantara!!!

Sejarah mencatat, Mongol Empire jika menaklukkan kerajaan jajahan, tidak ada segelintir jiwa yang di sisa kan tetap hidup... hanya lalat berterbangan saja yang tersisa. Silakan cek bagaimana Mongol menghabisi negara tahlukan-nya.

Kublai Khan, saat itu masa memimpin Kejayaan Mongol, bekerja sama dengan besan nya dari Kerajaan Korea, menyiapkan ekspedisi Kapal yang jumlah raksasa yaitu 1000 kapal, sampai membutuhkan waktu persiapan s/d 3 tahun! Dengan Pasukan yang jumlah nya 20 ribu s/d 30 ribu pasukan (setara dengan 25% Pasukan Sultan Mehmed II menaklukkan Constantinople tapi dengan jumlah kapal 3 x nya ! http://en.wikipedia.org/wiki/Mehmed_the_Conqueror). Pada tahun 1293 mulai Invasi dan sejarah mencatat Mongol gagal menjajah Nusantara!

Ref: http://id.wikipedia.org/wiki/Serbuan_Yuan-Mongol_ke_Jawa

Nah, apakah Bangsa Indonesia adalah bangsa yang cemen? Wake up man, Raden Wijaya berhasil memukul mundur puluhan ribu pasukan Mongol! Mongol saat itu penguasa dunia yang paling ditakuti oleh semua bangsa di muka bumi ini. Mongol Empire ukurannya adalah LIMA KALI nya Romawi !!!

Kublai Khan pada akhirnya sampai marah besar dan menghukum 2 Jenderal Mongol yang kalah perang dengan jumlah korban yang lebih banyak. Sejarah mencatat, ekspedisi Mongol ke Nusantara ini adalah ekspedisi terakhir era Kublai Khan.

Dalam sejarah, Mongol hanya gagal menaklukkan Vietnam, Mamluks, Nusantara (Singosari & Majapahit) dan Jepang. Saat itu Ekspedisi ke Jepang gagal masuk ke Jepang karena cuaca buruk.

Bangsa Indonesia bukan bangsa cemen. Belanda perlu waktu 350 tahun untuk menaklukkan Nusantara.

Selain itu, jangan heran jika Bung Tomo tidak gentar melawan pasukan dari 2 Divisi paling mengerikan Inggris (yaitu Divisi 5 yang berpengalaman melawan Pasukan Rommel dari Jerman dan Divisi 23 yang berpengalaman melawan Jepang). Inggris yang notabene tidak pernah kehilangan Jenderalnya pada perang Dunia, di Surabaya mereka harus kehilangan lebih dari satu Jenderal.

Kenapa Mongol kalah perang di Nusantara tidak dibikin jadi Film? Film ini layak untuk dijadikan Film kelas Dunia!

Anda setuju? Monggo silakan comment.
LihatTutupKomentar