Karimunjawa Trip Guide

Untuk mendukung Pariwisata dan turut menyebarluaskan Wisata Nasional, berikut saya tampilkan salah satu tujuan Wisata yang menarik, yaitu Marine National Park Karimunjawa, tempat terindah di pulau Jawa.

Hamparan pemandangan laut di sela-sela pulau, tingkat kejernihan air, pasir putih yang membentang di sepanjang pantai dengan pohon kelapa menjulang tinggi, ditambah 242 jenis ikan hias, serta 133 genera fauna akuatik, merupakan daya tarik yang layak dipasarkan baik kepada wisatawan domestik maupun manca negara.

Menurut Hendro Martojo, yang menjadi daya tarik utama kepulauan Karimunjawa selama ini memang kondisi perairannya yang jernih. Saking beningnya, sehingga sekitar kedalaman 5 sampai 7 meter wisatawan masih dapat melihat pemandangan alam kehidupan bawah laut. Semua pulau di kawasan Karimunjawa juga memiliki pantai pasir putih dengan garis pantai yang panjang.











(Photos Credit: "Karimunjawa" FB group (Rico Shendy, etc)

Sekarang tidak perlu lagi khawatir soal transportasi, akomodasi, komunikasi, listrik atau pun air minum.

Masa depan Karimunjawa sebagai daerah tujuan wisata ke depan disorot bakal cerah, mengingat potensi dan pola pengembangan pariwisata di Jawa Tengah, yang akan menarik segi tiga emas “Semarang-Jepara-Karimunjawa”.

TRANSPORTASI:


Dari Semarang, silakan menggunakan Kapal Cepat "Kartini I".



Kapal Motor Cepat Kartini I

Reservasi :

Pemesanan Tiket & Informasi : 024 - 7602952

Waktu tempuh :

Kapal khusus penumpang berkapasitas 168 penumpang dengan fasilitas AC.
Dengan waktu tempuh 2,5 jam perjalanan dari dermaga Kartini Jepara ke Karimunjawa, sedangkan dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang adalah 3,5 jam perjalanan.

Jadwal Keberangkatan :

Semarang – Karimunjawa - Semarang

  • Semarang – Karimunjawa: Sabtu, Pukul 09.00 Wib

  • Karimunjawa – Semarang: Minggu, Pukul 13.00 Wib


Jepara – Karimunjawa – Jepara

  • Jepara – Karimunjawa: Minggu 10.00 – 12.30

  • Karimunjawa – Jepara: Selasa 11.00 – 13.30


Harga Tiket:


  • VIP Semarang – Karimunjawa : Rp. 131.000

  • VIP Karimunjawa – Semarang : Rp. 128.000

  • VIP Jepara – Karimunjawa : Rp. 83.000

  • VIP Jepara – Semarang : Rp. 59.000

  • Bisnis Semarang – Karimunjawa : Rp. 111.000

  • Bisnis Karimunjawa – Semarang : Rp. 108.000

  • Bisnis Jepara - Karimunjawa : Rp. 63.000

  • Bisnis Jepara – Semarang : Rp. 35.000


Low Cost ACCOMODATION:

Wisma.Apung.Karimunjawa








Tarif:

Tarif menginap di Wisma Apung (Juni 2008):

  • kamar AC Rp.200rb per kamar

  • kamar non AC Rp.100rb per kamar.


Masing-masing kamar diisi max. 2 orang (lebih dari 2 orang bakal kena charge Rp.35rb per orang). Harga kamar sudah termasuk breakfast & pajak.

Makan:

Tarif makan mulai rp.12.500 - rp.15.000 sekali makan. Menu hidangan laut.

Fasilitas:

Berenang, Snorkeling, Karaoke, Banana Boat, penangkaran hiu dan penyu.

Reservasi:

Kontak: Pak Joko, HP 0813-25110999, Telp. 0297-312182

OTHER ACCOMODATION

Hotel (moderate budget)


  • Melati hotel

  • Blue Lagoon hotel

  • Dewandaru hotel


Resort:

  • Kura-Kura Resort, located in Menyawakan island. It's a high class hotel with scuba facilities.


[caption id="" align="alignnone" width="500" caption="Karimunjawa Kura Kura Resort"][/caption]

[caption id="attachment_1088" align="alignnone" width="300" caption="Deluxe Cottages of Karimunjawa Kura-Kura Resort"][/caption]

  • Menjangan Resort – (0291) 312104, 081326597011

  • Nirwana Resort, located in Karimunjawa island. It's a luxury hotel that provides by a lot of facilities.


MORE Karimunjawa Photos:

http://www.flickr.com/photos/39681622@N08/sets/72157619953711482/

Selengkapnya alternatif transportasi dan jadwal menuju Karimunjawa sbb:

http://www.karimunjawa-ticketing.co.id/

  • Kartini-1 Speed Boat

  • Ferry/KMP Muria

  • Terigas-1

  • Flights


Testimonials:
Totally unexpected treat

I spent four nights in Kura Kura just as it was reopening for the 2009 season. I had seen photos before and wasn't really sure what to expect. Much of the resort has been redesigned. I stayed in a pool villa. It was designed to give you the feeling that you were on your own private island. Even as more guests began to arrive, there are so many beach and recreation options that you feel you can always find your own quiet corner of the island. The food, and in particular, the homemade bread, was out of this world. But, my favorite thing was the amazing snorkeling just off the pier, and the dive experiences a bit further out. The dive instructor, Renato, was perfect for me, whose skills are abit rusty and required a refresher. This is probably not the ideal location for someone looking for vibrant, raging nightlife. But if you want an intimate island experience with amazing water and views, it's an incredible location (bostrvlr/Boston-USA)

Karimunjawa sekarang sudah jauh berbeda

Tanggal 15-18 Agustus kemarin saya dan anak ke Karimunjawa lagi, setelah 10 tahun tidak kesana. Suasana sudah berbeda jauh, skr sudah banyak berbagai jenis hotel, homestay, bahkan SPBU sedang dibangun. kebetulan saya ikut paket dari salah satu tour operator-www.karimunjawatour.com.
Bersama rombongan saya, 4 WNA dari Amerika, 2 orang Korea. Saya amati turis asing sudah banyak yg datang dibandingkan 10 th yang lalu dan ini dibenarkan oleh guide dari Karimunjawa Tour. Rata2 ada 4 orang bule per minggu yg booking lewat tournya. Sabtu, kami ke pulau cemara kecil dan Tanjung Gelam, Minggu snorkeling ke pulau Sambangan dan Seruni, Senin diving ke pulau Tengah&kecil, Selasa ke Menjangan Kecil&Besar.
Guide bisa menjawab dengan baik keingintahuan saya dan anak, tentang terumbu karang, mangrove, ikan karang, dive spot-yg menurutnya terdapat 28 dive spot sampai saat ini. Anak saya berbinar2 matanya saat dijelaskan tentang ikan Kerapu Tikus, anemon dan bulu babi. Senangnya, anak dapat guru yg bagus. 3 juta untuk saya dan anak selama 3 hari 3 malam, untuk paket spesial ini merupakan harga yg pantas.
Saya rekomendasikan operator tour ini karena bisa menjelaskan dengan baik ke peserta tour dengan baik, hal ini sangat bermanfaat terlebih bagi buah hati kita.
Tour termasuk makan, penginapan, transport, alat snorkeling, life vest, anti nyamuk, t-shirt, guide professional. Saat sampai di Tanjung Emas, tiap peserta diberi bingkisan 2kg rumput laut (Wari/Indonesia).

Sumber: berbagai sumber
LihatTutupKomentar