Facebook for your phone - Budi Wiyono Corner

Ads Right Header

Buy template blogger

Facebook for your phone

Sekarang aplikasi "Facebook for your phone" sudah tidak didominasi oleh Blackberry seorang diri.
Seperti kita ketahui sales Blackberry di Indonesia 2009, secara mengejutkan banyak disumbang oleh akomodasi aplikasi Facebook for Blackberry, dimana saat itu aplikasi sejenis untuk diinstall di HP jenis lain belumlah tersedia.

Dimana pada aplikasi tsb, setiap orang yang selesai meng-install aplikasi Facebook for BlackBerry di HP-nya, kemudian aplikasi tsb akan meng-update Wall bahwa si X telah meng-install aplikasi "Research in Motion's Facebook for BlackBerry" (viral). Fitur yang didapatkan adalah Update Status, Add Friend, Camera img upload + tag, Wall update dan Kirim Message.

Bahkan ada juga orang yang penasaran bagaimana sih aplikasi Facebook yang diinstall di HP seperti yang ada pada Wall update orang lain, sehingga selanjutnya sampai rela membeli Blackberry untuk bisa tahu lebih lanjut, atau hanya agar bisa terpampang di Wall-nya bahwa dia juga telah install aplikasi Facebook for Blackberry ;) Persis-nya text wall update tsb adalah sbb:
XXXX installed the Facebook for BlackBerry application to his phone.



Untuk alasan di atas itulah yang sangat match dengan banyak riset behavior konsumen di Indonesia yang menyukai atribut "bergengsi". Gambar di atas itulah yang banyak men-drive orang yang belum beli Blackberry untuk ikutan mencoba Blackberry dengan membelinya. Apalagi setelah itu bisa ikutan nampang di Wall nya bahwa dia telah memiliki Blackberry juga :) seperti gambar di atas.

Juga di drive oleh wall update yang dilakukan dari Blackberry seperti berikut ini:
November 19, 2009 at 2:29pm via Facebook for BlackBerry Friends and Networks · Comment · Like

Gambar screen capture nya sbb:



Seperti inilah penyebaran Viral melalui Facebook yang men-drive kenaikan sales Blackberry di Indonesia tahun 2009-an, sampai Nokia pun kepayahan bersaing di segmen yang sama. Jelas sekali provokasi Viral membuat 'panas' temannya yang belum punya Blackberry.

Bagiamana pengaruhnya jika aplikasi sejenis tersedia juga pada Handset merk lain seperti gambar berikut ini?



Apakah saat ini masyarakat masih menganggap Blackberry adalah gadget bergengsi, setelah Blackberry juga masuk ke segmen smartphone murah (gemini)? Adakah barang bergengsi lain yang akan memakai modus yang sama?

Monggo silakan dikomentari :D Bagi yang beli Blackberry karena alasan yang sama dengan tulisan artikel ini silakan comment juga ya :D
Previous article
Next article

2 Komentar

rhio ramli mengatakan...

hahaha,,,i like this pak...

inilah budaya indonesia budaya nenek luhur saya juga :D,,gak tau budaya jelek apa enggak...hehe

yakni budaya gengsi,,klu bisa mnfaatin budaya gengsi ini,,mungkin kita bisa jadi orang sukses dengan melihat peluang2 yang didapat dengan tingginya gengsi masyarakat indonesia.... :)

budiwiyono mengatakan...

@Rhio Hehehe bener... :) Ada tuh dibahas di bukunya Handi Irawan, "10 Karakteristik Konsumen Indonesia"

Ads Post 4

KONTAK KERJASAMA