Tips Transfer Real-time Online antara Rek. BCA dan Bank Lain

Baru-baru ini pemerintah meluncurkan "BI-Fast", solusi transfer antar bank real time 24 jam berbiaya murah rp.2500/transaksi. Praktis kebijakan ini menjadikan tersedianya dua solusi transfer antar bank yang realtime yaitu BI-Fast yang hanya rp.2500/trx DAN Transfer via Jaringan ATM rp.6.500-7.500/trx.
HOT Update:

#1.

Sejak pangsa pasar transfer antar bank secara realtime yang mahal itu digerogoti oleh startup "Flip" yang berbiaya gratis untuk pelanggan ritel. Pemerintah baru-baru ini tidak mau kecolongan terlalu lama pada biaya transfer yang terlalu mahal. Pemerintah akhirnya mendorong fee transfer antar untuk turun. Fee transfer antar bank melalui jaringan ATM yang semula s/d rp. 6500-7500 per transaksi, FEE BERUBAH MENJADI Rp. 2500 per transaksi, jika melalui solusi baru yang dinamakan BI-Fast. BI-Fast berlaku mulai 21 Des 2021.  

#2. Jika anda ingin biaya transfer antar bank dengan fee gratis (hanya berlaku untuk transaksi ritel), silakan menggunakan jasa flip :) Silakan mendaftar ke situs Flip: https://flip.id/landing hal ini termasuk transfer antar bank dengan Bank BCA.

Bi-Fast merupakan pengganti SKN/LLG berbiaya jauh lebih murah dari via Jaringan ATM dengan kemampuan sama yaitu real-time dan online 24 jam

Kebijakan baru BI-Fast ini merupakan solusi baru dibanding transfer melalui LLG dan dibanding transfer melalui Jaringan ATM yg realtime tetapi bertarif 6500-7500 per transaksi. 

Dulu SKN/LLG membutuhkan waktu sampai 1 hari atau lebih kemudian membaik menjadi beberapa jam. Batasan SKN/LLG adalah untuk transfer dengan nilai kurang dari 1 Milyar rp. 

Praktis, BI-Fast inilah pengganti SKN/LLG, jadi sekarang anda bisa transfer realtime online 24 jam dengan biaya hanya 2500 per transaksi.
Kebijakan baru ini berlaku transparan, yaitu anda bisa memakai fasilitas ini melalui semua kanal anda, baik melalui internet banking maupun mobile banking masing-masing bank.

BI menetapkan batas maksimal transfer lewat BI-Fast sebanyak Rp 250 juta, sedangkan minimal transfer Rp 1. BI-Fast juga lebih fleksibel dibandingkan dengan sistem pembayaran Real Time Gross Settlement (RTGS).

Kapan perlu menggunakan RTGS? Anda tetap perlu menggunakan RTGS untuk transfer antar bank secara online untuk nilai transfer besar, yaitu transfer yang bernilai Rp 100 juta – Rp 250 juta.

TIPS pembayaran merchat yang murah:

Untuk Solusi pembayaran Merchant, seperti pembayaran pembelian produk di toko, silakan menggunakan GPN yaitu melalu QR Code Indonesian Standard (QRIS). Fee QRIS memang didesign relatif murah untuk nilai transaksi jual beli yang kecil, jadi cocok untuk Ritel.

Bank Indonesia (BI) menetapkan biaya transaksi atau merchant discount rate (MDR) dengan teknologi kode Quick Response (QR Code) 0,7%.

Batas nilai transaksi dengan QRIS adalah rp.1 s/d rp. 5 juta per transaksi.

Misalkan anda membeli bakso di pedagang bakso keliling satu mangkok yaitu rp. 10.000,- maka fee pembayaranya adalah 0.7%*rp10.000=rp. 70 saja. Murah bukan?

MDR 0,7% per transaksi itu berlaku untuk umum, baik on us maupun off us. Disebut on us misalnya, pengguna GoPay memindai kode QR milik perusahaan yang sama. Sedangkan off us contohnya, kode QR milik OVO dipindai menggunakan dompet digital lain. Meski begitu, semua kode QR itu sesuai dengan QRIS. 

Untuk pembayaran biaya pendidikan, tarif MDR yang dikenakan hanya 0,6%. Lalu, untuk pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) hanya 0,4%. Sedangkan untuk penyaluran bantuan sosial (bansos) dan donasi gratis.

Kesimpulan:
  • Transfer antar Bank (termasuk via bank BCA) dengan nilai rp.1-rp.100 juta silakan menggunakan BI-Fast. Fee BI-Fast hanya rp.2.500 per trx.
  • Transfer antar Bank dengan nilai transfer rp 100 juta-250 juta silakan menggunakan solusi RTGS.
  • Pembayaran merchant, termasuk bayar-bayar pedagang kaki lima dan pedagang pasar basah, silakan gunakan QRIS yang fee transaksinya hanya 0.7%.
LihatTutupKomentar