Sync for Gmail Contacts dan Google Calendar with Symbian for Free

Setelah artikel Push Email gratisan yang saya pakai dengan menggunakan System SEVEN untuk mem-push email kan account Gmail saya, berikut saya share tools Contact & Calendar Sync gratisan juga.

Google belakangan telah me-launched Sync for Gmail Contacts (http://mail.google.com) dan Google Calendar (http://calendar.google.com) menggunakan SyncML protocol yang juga di support oleh hampir semua modern mobile device.

Pada smart phone seperti Nokia N95 atau E61, E71, yang menggunakan Symbian S60 mobile operating system, tidak ada opsi untuk launch a sync command dengan SyncML secara otomatis.

Hal ini berarti user harus secara manual activate Sync function.

Ketika kita syncing contacts hal ini tidak terlalu kritikal karena data contact tidak berubah dengan cepat, berbeda dengan calendar yang berubah dengan cepat, sync manual bisa menjadi cukup painful.

Sebagai contoh, saya menggunakan Google calendar secara harian dan saya mengupdate hampir tiap jam. Saya juga terbiasa rutin mengupdate calendar pada handset E61 saya ketika tidak berada di depan Computer. Seluruh update terkait ToDo List, Meeting, Due Date pekerjaan etc yang memerlukan pencatatan langsung, biasanya langsung saya entri di handset saya supaya up to date secara teratur. Oleh karena itu sync rutinitas ini secara manual tidak lah menyenangkan dan tidak ideal.

Saya pernah review dan rekomen program kecil yang running di S60, sebuah freeware bernama" SWIM", yang memungkinkan untuk secara otomatis men schedule kan sync SyncML profiles dari S60 saya.

Keterbatasan lingkup tulisan ini adalah aplikasi hanya jalan pada device S60/Symbian.

Umumnya, jika anda ingin melakukan  sync contacts dan calendar anda ke handset anda maka anda juga membutuhkan supaya email anda di push ke handset anda juga (push mail).

Jangan khawatir, tools otomatis selain SWIM juga telah tersedia :D. Untuk keperluan ini saya menggunakan System SEVEN Push email yang terbukti handal dan gratis dan komplit pula. Selain Push Mail juga Sync Contacts/Calendar. Compatible dengan banyak pilihan mobile device, System SEVEN secara otomatis akan push Gmail email anda, contacts dan Google Calendar ke handset anda secara otomatis secara teratur, dimana push mailnya almost realtime.

Sama seperti Google Sync, System SEVEN juga saat ini gratis. Sama seperti fitur Blackberry, bukan? Bedanya anda tidak perlu bayar biaya bulanan 150-300 rb/bulan.

Related article: http://budiwiyono.wordpress.com/2009/01/31/push-mail-gratis/
LihatTutupKomentar