Perkembangan Google yang baru: Google Buzz dan Google Wave

Menarik nih kita bahas quote dari rekan Andrias Ekoyuono:
Google Buzz dan Google Wave adalah makhluk berbeda.

Google Wave adalah platform komunikasi yang diciptakan untuk merubah prinsip dasar email sekarang (store forward) menjadi hosted conversation. Wave sampai sekarang masih beta dan belum benar2 di launch.
Memang Wave seperti "melompat" dari jamannya,maka masih dalam tahap pengembangan. Tapi itu adalah cerminan out of the box thinking dari Inovator sekelas Google.

Sedangkan Buzz lebih mudah dipahami sebagai twitter ala Google dng memanfaatkan basis user Gmailnya yang besar. Dimana disini Gmail+Buzz bisa menjadi dashboard dari berbagai update di beberapa layanan (Gtalk, flickr, twitter, blogspot).

Setelah merenung dan mengamati versi mobilenya, akhirnya pada Kamis kemarin saya bisa mengira-ngira hal yang jadi kekuatan dan tujuan Google Buzz. Yaitu versi mobile nya !
Yang saya bayangkan, Google akan menaruh kekuatan2nya untuk mensupport Buzz ini dengan menggunakan location based service (geo tag) sebagai dasarnya. Jadi terbayang keunggulan twitter+fb+googlemap+search+ augmented reality+yelp+ foursquare bisa dibuat buzz dalam satu muka. Jadi google buzz bukan sekedar status update dan dashboard.

Mencari "nearby" buzz artinya melihat buzz orang2 di sekitar kita, nyambung ke map lokasi kita, bisa juga melihat review restoran via contextual search google yg makin kuat (pernah perhatikan hasil search google untuk "shangri-la hotel sydney" yang menempatkan review dan map yang contextual di bagian atas ? Apalagi kalo google jadi beli yelp), termasuk buzz orang2 ttg restoran itu (mirip foursquare/koprol). Belum lagi kalo rekan2 sempat melihat aplikasi augmented reality yang sudah dipamerkan di android, trus bisa dicangkok ke Buzz.

Well, surely Google has a lot in their mind :-)

Berhasil atau ndak, Google memang layak, harus, dan mampu mencoba. Cash in hand mereka luar biasa banyak, revenue 2008 sebesar 26 milyar dollar memang harus dibelanjakan :-).
LihatTutupKomentar